MEDIA TERDEPAN DAN TERPERCAYA

23 October 2015

6 Rahasia Di Balik Kesuksesan Orang Batak

Loading...
Loading...
 
Membahas orang Batak selalu membuat saya bangga, mulai dari cara mereka bekerja dan cara beradaptasi dengan orang di sekitarnya sehingga semua orang selalu merindukan kehadiran mereka.Ada kalanya juga mereka marah yang profesinya sebagai sebagai penagih utang atau dengan nama khas nya Rentenir.

Namun ada beberapa hal yang membuat mereka selalu sukses di perantauan. Berikut 6 Rahasia Di Balik Kesuksesan Orang Batak  :

1. Orang Batak Itu batak berdaya juang tinggi dan pantang menyerah (strugle).

Pria batak begitu lulus SMA kebanyakan tidak mau menjadi petani dengan turun ke sawah dan ladang. Mereka akan merantau ke daerah lain, bisa ke aceh, pekanbaru, batam, palembang, jawa, kalimantan, sulawesi bahkan papua demi kehidupan yang lebih baik. Mereka rela menumpang di rumah kerabat dimana saja, rela kerja apa saja (sopir, kenek, tambal ban, warung makan, pengamen, kuli panggul, timer angkot dll) yang penting halal. Prinsip pria batak tegas : "pantang pulang kampung sebelum menjadi orang (berhasil)." Contoh paling nyata, orang batak paling berhasil saat ini, Chairul Tanjung, dari anak singkong jadi anak kingkong (kerajaan bisnis dimana-mana).


2.  Orang Batak Itu Punya Sentuhan Midas 

Midas bermakna mampu merubah apapun yang biasa-biasa bahkan yang dibuang orang menjadi emas. Beberapa orang batak mempunyai sentuhan midas ini, dalam ruang lingkup yang bersesuaia. Saya teringat perkataan seorang direktur keuangan (orang batak) sewaktu di kantor Jakarta 10 tahun lalu, Sebut saja namanya Poltak. Ia mengatakan : "hebatnya orang batak, ditaruh dibagian apa saja tetap hidup, di bagian arsip hidup, dibagian gudang logistik hidup, di bagian marketing hidup, dibagian keuangan apalagi, lebih hidup." Satu hal yang belum pernah saya temui selama saya bergaul di jalanan 'tidak ada orang batak yang jadi pengemis di jalanan.' 


3. Orang Batak Itu Pintar Dan Banyak Taktik (batak). 

Biar saya sebagai orang batak  tidak di bilang memuji diri sendiri maka berikut ungkapan teman saya di facebook. Bisa di analisa sendiri oleh kawan kawan jika ini benar:

Saat ini banyak orang Batak yg masih berperan penting kok.Contoh pengacara ternama si Poltak raja minyak dari medan, Hotman Paris, dan banyak lagi. Haha banyak lagi si Banyak juga Kapolda dari Orang Batak. Masih banyak lagi, tapi ya pada lupa2 juga, penyanyi Judika juga orang kita Batak.  Zenny Lovika Suci
 
Kelihatan terpinggirkan. Apa sebabnya, tanyakan saja sama mbak mega dan bang joko. Yg jelas di PDIP itu ada Bung Ara Sirait, Bang Fendi Simbolon dan banyak lagi yg bersih dan pintar. Itu aja.
Al Kusyari

Dari dulu orang Batak banyak berperan , dari bidang sadtra sampai politik. Hingga sekarang pun kiprah orang Batak besar terutama dibidang lawyer maupun pemerintahan. Berikutnya tergantung orang Batak dalam mengisi pembangunan ini.
Drs Nurman
 
Orang Batak itu, Kuat, Tegas, Lugas dan Cepat... Tidak mau membebek, siapa bilang orang Batak saat ini tidak maju? Orang Batak masih tetap eksis.
Rangga Rahayu Syahputra
 
Memng hebat orang Batak mereka tidak hnya hebat dalam pembntukan RI dulu tapi sekarang juga mash hebat.buktinya ada pencopet di tuduh selalu orang Batak. padahal orang suku lain juga bnyak pencopetnya hhhhh
 Elli Pulungan Bode

Orang Batak itu kreatif dan tak pernah kehabisan ide. Bangga menjadi orang Batak, tidak kkebetulan anda dan saya menjadi orang Batak. Batak itu Banyak taktik.
Yanto Mora Rich
 

Orang Batak sangat berperan di nusantara ini saat ini,misalnya saja dalam bidang hukum,banyak pengacara handal yang bersuku Batak.
Al Kusyari

Apakah masih ada yang ragu??? Hehehe....
4. Orang Batak Itu Pemberani 
Orang Batak itu memang pemberani dan ini menjadi suatu andalan mereka di dalam bekerja. Makanya ada lagu yang sangat popular yang berjudul "Anak Medan"  yang berbunyi 

Reff:
Horas......Pohon pinang tumbuh sendiri 
Horas......Tumbuhlah menantang awan 
Horas......Biar kambing di kampung sendiri 
Horas......Tapi banteng di perantauan 

Saya rasa semua orang Batak tahu lagu ini hahahahaaa....


5. Orang Batak Itu Punya Tujuan Hidup yaitu Hamoraon,Hagabeon,Hasangapon.

Tujuan sekaligus pandangan hidup atau idealisme orang Batak ialah mencapai “Hagabeon, Hasangapon, Hamoraon.”  Berikut penjelasan saya mengenai tiga hal ini :
  1. Hamoraon berarti memiliki kekayaan yang kelimpahan secara materi.
  2. Hagabeon berarti memiliki keturunan laki-laki dan perempuan/maranakmarboru .
  3. Hasangapon berarti mencapai kehormatan, kemuliaan, terpandang di masyarakat).
Masalah hagabeon dalam alam pikiran orang Batak sangat penting. Keturunan yang banyak dianggap menjadi bagian yang mempengaruhi kesempurnaan hidup seseorang. Kalau keturunannya banyak, bertambah besar tuahnya. walaupun istilah “gabe” untuk HAMORAON, HAGABEON DAN HASANGAPON FILSAFAT BATAK DALAM TUJUAN HIDUP masyarakat Batak masa kini terkusus yang tinggal di kota bukan lagi soal jumlah anak yang banyak.  Jadi 3 hal ini sangat berpengaruh ke orang Batak .Orang Batak di tuntut harus sukses di kemudian hari.


6. Doa


Tak jarang saya mendengar seorang istri berdoa untuk suami nya sebelum berangkat kerja dan saya sangat bangga akan hal ini. Banyak saya dengarkan pengakuan suami bahwa dirinya sukses karena ada wanita hebat di belakangnya. Doa sang isteri memang jadi awal langkah suami untuk menjadi lebih baik.
 
Loading...
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...